Pendapat Artis Musik Terkait Royalti

Dustincollinsmusic – Berdasarkan pengesahan Peraturan pemerintah No. 56 Tahun 2021 terkait musik yang baru disahkan oleh Presiden Indonesia, menyoroti tentang aturan pemutaran musik di fasilitas umum, seperti Hotel, restoran, event yang bersifat komersial.

Peraturan ini menuai Pro dan Kontra dari berbagai kalangan Masyarakat, di satu sisi hal ini akan membantu para artis musik untuk memperoleh haknya yang sudah lama hilang.

Memang selama ini banyak hasil karya musisi yang diputar di tempat- tempat umum, dan pencipta musik beserta artisnya tidak mendapatkan royalti sedikitpun. Hal ini juga disebutkan oleh beberapa Netizen sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap suatu karya musik seseorang, dan harusnya bangga jika dibawakan di beberapa tempat umum, serta tidak seharusnya meminta royalti dari adanya kejadian ini, anggap saja sebagai marketing dan promosi gratis. 

Namun tidak semua memiliki pendapat sama, karena selama ini yang terjadi adalah para artis musik masih harus berjuang untuk mendapatkan kesejahteraan. 

Simak pendapat dari beberapa musisi terkait sahnya peraturan tersebut ada yang setuju dan ada yang tidak sependapat, diantaranya inilah suara dari beberapa Musisi Tanah Air :

  1. Julian Jacob

Penyanyi muda Julian Jacob memiliki pendapat bahwa, jika sebuah karya musik diputar di publik ini adalah sebuah bentuk apresiasi, dan tidak masalah jika harus diputar secara gratis. 

Hal ini memicu berbagai reaksi dari berbagai pihak, karena ia sempat menyatakan bahwa musik bukan hanya soal uang. Namun Tweet Julian tidak lama dihapus, dengan penjelasan bahwa dia meminta maaf atas tweet sebelumnya yang menyinggung terkait pendapat mengenai Peraturan Pemerintah yang baru, dan ternyata cuitannya memberikan kesalah pahaman ke berbagai pihak.

  1. Gerald Weird Genius

Gerald menanggapi cuitan Julian sebelumnya yang sudah dihapus, menurutnya hal ini adalah sesuatu yang memang sudah seharusnya dan patut dilakukan demi kesejahteraan seniman di bidang musik. 

Dalam cuitan Gerald, dia berkata bahwa seharusnya orang-orang setuju dengan peraturan ini, dan ini adalah sebuah langkah yang sudah seharusnya dilakukan, Sempat mengutip salah satu tweet dari netizen dengan komentar apresiasi tidak bisa buat makan dan bayar listrik tegasnya. 

Dariapda pusing – pusing mikirin bagaimana caranya nanti kita bayar royalti, mending kita cari dulu lewat Maxwin dan JP kami sajikan 3 Rekomendasi Permainan Judi Online dengan RTP Tertinggi agar kalian bisa mendapatkan hadiah bernilai Fantastis

  1. Fiersa Besari

Sependapat dengan Gerald, dia juga berpendapat bahwa peraturan ini penting demi menjaga kesejahteraan seniman, dan ia juga mengatakan bahwa artis musik layak memperjuangkan hak-haknya.

  1. Kunto Aji

Musisi papan atas satu ini juga berpendapat bahwa menurut dirinya peraturan ini lebih diperuntukan kepada pengusaha kelas atas, agar tidak memberikan miskonsepsi di dalam Masyarakat.

Dirinya juga berkata bahwa dirinya senang jika lagunya dibawakan secara gratis oleh Pengamen, Warkop, Warung dan kafe kecil yang omsetnya masih kecil. 

Berikut Pendapat dari beberapa Musisi Indonesia terkait dengan peraturan pemerintah yang sudah disahkan, ada yang setuju dan kurang setuju. Kalau menurut kalian gimana guys ?

Leave a Comment

Your email address will not be published.